Hubungi Call Center KAI untuk Pengembalian Dana: SudutKebun

Sudahkah Anda membeli tiket kereta api tetapi berniat untuk membatalkan karena perselingkuhan? Cukup hubungi call center KAI untuk pengembalian dana dan dapatkan uang Anda kembali dengan mudah. Menggunakan pilihan transportasi kereta api adalah pilihan terbaik saat ini karena kenyamanan yang diberikan.

Selain mekanisme pemesanan yang terbilang mudah, kini pelanggan juga diberikan keuntungan dengan opsi refund jika perjalanan tidak dilakukan. Dengan manfaat tersebut, pelanggan tidak merasa dirugikan akibat kendala yang terjadi saat ingin bepergian dengan kereta api.

Penasaran seberapa efektifkah melakukan refund untuk tiket yang telah Anda pesan sebelumnya? Ada beberapa cara yang bisa dicoba pengguna, yaitu memanfaatkan aplikasi resmi dari KAI atau bisa datang langsung ke loket stasiun secara langsung. Sebelum menghubungi call center KAI untuk pengembalian dana, ada baiknya anda mengikuti langkah-langkah tersebut.

Melakukan pemesanan melalui KAI Access

Tak hanya untuk pembatalan, aplikasi resmi KAI juga bisa digunakan untuk memesan tiket perjalanan secara praktis. Tanpa perlu mengantre lama atau menghabiskan waktu lama hanya untuk memesannya melalui loket stasiun, simak langkah-langkah pemesanan tiket menggunakan Kai Access di bawah ini.

  1. Pertama, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Pilih menu “akun” untuk prosesnya.
  2. Selanjutnya pilih menu “home” dan tentukan jenis kereta yang ingin Anda gunakan.
  3. Langkah selanjutnya adalah menentukan kota asal dan kota tujuan untuk perjalanan.
  4. Pemesan juga diwajibkan untuk menyertakan tanggal keberangkatan. Aplikasi ini juga menyediakan opsi tiket pulang pergi untuk memudahkan pelanggan. Merasa bermasalah? Hubungi call center KAI untuk pengembalian dana untuk informasi lebih lanjut.
  5. Langkah selanjutnya, pemesan harus mengisi jumlah penumpang (maksimal 4 orang) dengan ketentuan penumpang berusia kurang dari tiga tahun tergolong penumpang kategori bayi.
  6. Setelah itu, tentukan kereta yang ingin Anda gunakan lengkap dengan jenis kelas, waktu keberangkatan, dan harga yang harus dibayar.
  7. Selanjutnya, pemesan perlu mengisi data pribadi mereka.
  8. Kemudian pemesan mengisi nomor kursi dan gerbong sesuai keinginan. Pastikan kursi yang Anda pesan masih kosong dan belum dipesan oleh orang lain.
  9. Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran tiket. Ada beberapa opsi pembayaran seperti menggunakan sistem payment point, melalui aplikasi LinkAja, atau transfer menggunakan ATM, E-Banking, atau M-Banking.
  10. Jika menemukan kendala, Anda bisa langsung menghubungi call center KAI untuk refund atau sekedar menanyakan prosedur pembelian.

Batalkan Tiket Menggunakan KAI Access

Bagi pelanggan yang ingin membatalkan tiketnya, dapat menggunakan aplikasi resmi dari KAI dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke aplikasi KAI Access

Langkah pertama, Anda harus masuk terlebih dahulu pada aplikasi. Jika pengguna belum menginstal aplikasi, pengguna dapat mengunduhnya di Google Play atau App Store.

  1. Buka menu Pembatalan

Setelah aplikasi terbuka, langkah selanjutnya adalah memilih menu “pembatalan”. Pada menu akan ditampilkan tiket yang sudah anda pesan sebelumnya, kemudian dilanjutkan dengan memilih tiket mana yang akan dibatalkan.

  1. Masukkan menu detail tiket

Sebelum memutuskan untuk menghubungi call center KAI untuk pengembalian dana, alangkah baiknya kamu mencoba cara berikut ini. Setelah mengakses menu pembatalan, lanjutkan dengan memilih menu “halaman detail tiket”. Di sana Anda akan disajikan dengan tampilan data penumpang. Selanjutnya, pilih nama yang ingin Anda batalkan bersama dengan informasi rekening bank sebagai media pengembalian biaya.

  1. Konfirmasi pembatalan

Setelah penumpang ditentukan dan rekening bank dipilih, proses pengembalian dana dapat dilanjutkan dengan mengonfirmasi pembatalan. Cukup tekan opsi “Pembatalan Tiket” untuk menindaklanjuti prosesnya. Namun sebelum mengakhiri proses di atas, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa semua data telah diisi dengan benar.

  1. Memeriksa detail riwayat

Memeriksa riwayat pembatalan secara rinci perlu dilakukan sebelum Anda keluar pada aplikasi. Untuk memeriksa riwayat pembatalan, Anda hanya perlu memilih menu “Detail Riwayat” dan kemudian memeriksa detail di halaman yang tersedia.

Pembatalan Tiket dengan Cara Manual

Selain cara-cara di atas, ada baiknya pelanggan juga mengetahui langkah-langkah pembatalan tiket yang telah dibeli melalui mekanisme manual. Sebelum memutuskan untuk menghubungi call center KAI untuk pengembalian dana, tidak ada salahnya mencoba petunjuk berikut ini.

  1. Mengunjungi Stasiun Kereta Api

Karena mekanisme ini termasuk manual, pemilik tiket harus pergi ke stasiun kereta terdekat. Umumnya, stasiun akan menyerahkan beberapa syarat sebelum melakukan pengembalian dana seperti kode pemesanan, identitas pemesan, dan fotokopi identitas.

  1. Melengkapi Data Penumpang

Setelah mengunjungi stasiun terdekat, maka pemesan dapat memenuhi bagian customer service. CS kemudian akan memberikan formulir yang akan diminta untuk diisi oleh pihak yang mengajukan.

Proses pengajuan sendiri juga dilakukan di loket pembatalan khusus. Pelapor juga perlu melengkapi data sesuai formulir yang terdiri dari dua duplikat, yaitu data tiket dan data penumpang. Kesulitan dengan mekanisme yang ditawarkan? Hubungi call center KAI untuk pengembalian dana jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut.

  1. Pergi ke Konter untuk Pengembalian Dana

Langkah selanjutnya adalah mengajukan pengembalian dana di loket yang sudah tersedia. Di sini petugas loket akan memberikan dua opsi pembayaran refund, yaitu melalui transfer bank atau diberikan secara tunai. Untuk kedua opsi, waktu pencarian paling lama 30×24 jam sejak Anda mulai mengurus pembatalan.

  1. Terima Pengembalian Dana

Langkah selanjutnya adalah menerima jumlah nominal sesuai dengan tiket yang Anda batalkan sebelumnya. Namun sebelum pergi ke loket, pastikan Anda membawa formulir yang sebelumnya diberikan dari petugas loket sesuai dengan proses sebelumnya.

Perlu Anda ketahui bahwa jumlah nominal yang diberikan oleh KAI tentu tidak mencapai 100%. Jika Anda penasaran mengapa hal ini terjadi, silakan hubungi call center KAI untuk pengembalian dana dan dapatkan informasi terkait hal tersebut.

Pengembalian Dana Melalui Call Center

Pada tahun 2020, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan kemudahan terkait proses pembatalan dan pengembalian uang tiket yang dipesan oleh konsumen terlebih dahulu. Sekarang prosesnya dalam waktu kurang dari tiga hari. Tetapi mereka mendesak agar pelanggan harus menggunakan sistem online untuk pengiriman tersebut.

Selain itu, refunder juga harus memperbarui aplikasi KAI Access mereka. Proses pembaruan aplikasi dapat dilakukan dengan mengetuknya di Play Store atau App Store untuk mendapatkan versi terbaru dari aplikasi. Informasi lebih lengkap bisa Anda dapatkan dengan menghubungi call center KAI untuk pengembalian dana.

Untuk langkah selanjutnya sama dengan poin-poin yang dijelaskan di atas, yaitu melalui pendaftaran identitas sesuai dengan data yang tercantum dalam data pemesanan tiket sebelumnya. Kemudian nasabah masuk ke menu pembatalan dan mengisi nomor rekening untuk proses transfer dana.

Sebagian besar masyarakat kini mulai tertarik untuk menggunakan jasa PT Kereta Api Indonesia. Selain kualitas layanan yang diberikan semakin meningkat, beberapa pembaruan, terutama pengembalian dana, juga dipermudah. Bagi Anda yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut, cukup menghubungi call center KAI untuk refund di 021-121 atau email cs@kai.id.

Learn More